Cara membuat Reflect (Pantulan) di Sketch Up 8 dengan engine v-ray 1.49

     Sebelumnya untuk membuat reflection pada modelling 3D, kita perlu buat material terlebih dahulu ke modelling. Bisa langsung masuk ke "Paint Bucket" dan langsung apply,,atau cara yang lebih rumit masuk ke option pada v-ray kemudian klik new material dan ganti diffuse mengguakan material yang kita pakai. Untuk sementara saya menggunakan cara pertama yaitu menggunakan apply dari "paint bucket". 

Perlu diingat-ingat lagi untuk nama pada penggunaan material yang akan digunakan
      Misalkan nama yang saya gunakan untuk material adalah "Tile_Limestone_Multi". Klik huruf M atau material pada option v-ray. Klik kana pada nama material yang sudah kita buat misalkan Tile_Limestone_Multi pilih create layer dan terakhir klik ke reflection. Jika kita preview di kiri atas option v-ray terlihat objek yang kita beri reflection akan menjadi Krom, itu adalah teknik untuk membuat krom jadi kita tidak perlu men-setting ulang option-nya. Untuk membuat reflect pada permukaan bidang yang kita buat klik huruf "m" pada BRDReflection. Ubah "texture editor" menjadi "TexFresnel" kemudian OK, kita preview ulang hasilnya akan sebagai berikut.
Pilih nama material yang akan kita buat reflect dengan klik kanan Create Layer - Reflection
Secara Default reflection yang kita buat akan menjadi Material Krom, untuk menggantinya klik huruf M
Ganti Texture Editore dari none ke TexFresnel

Hasilnya akan sebagai berikut
     Berhubung ini adalah material untuk keramik, sehingga reflection untuk material keramik tidak sampai begitu terangnya. Kita bisa mengurangi Reflection dan Filternya menjadi 0,7 dan perlu diganti juga pada Glosiiness Hilight dan Reflection menjadi 0,9. Jika di preview hasilnya sebagai berikut.
Ubah size Reflection dan juga glossines-nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Sayembara : Surabaya Waterfront Park

Desain Performing Art's di Semarang

Membuat Efek Bump dan Displacement Rumput pada Render vray sketch-up 8