Setelah berminggu - minggu hampir sebulan saya mencoba trial & error membuat efek air akhirnya hari ini bisa juga,hehe. Uji coba pertama memang agak kurang baik karena air yang dirender tidak solid jadi hanya terlihat air dipermukaan atasnya saja, kebawahnya kopong atau tidak ada isinya.
|
Open File terlebih dahulu (contoh download dari Ronen Bekerman) |
Setelah open file masuk option material v-ray,,tambahkan reflection material air yang akan kita beri efek masuk ke settingannya (klik huruf "m") ganti TexEditor menjadi TexFresnel, kemudian perbesar size IOR dan RefractIOR menjadi 5. Setelah menambahkan Reflection untuk pantulan air kemudian kita tambah layer baru lagi yaitu Refraction kegunaanya adalah untuk membuat solid air sehingga tidak terlihat kopong, beri nilai 1,015 pada IOR Refraction-nya. Terakhir untuk membuat efek airnya sehingga terlihat bergelombang pada permukaannya kita masuk pada layer Maps dan check Displacement kemudian masuk kesettingannya ubah Texture Editor ke TexNoise dan beri ukuran sizenya menjadi 19. Terakhir tinggal render dan lihat hasilnya, hehehgh Selamat Mencoba. Berikut gambar settingannya :
|
Settingan untuk layer Reflection |
|
Settingan untuk layer Refraction |
|
Settingan untuk Layer Maps |
Jika dalam mencoba masih gagal coba di
cara ke - 2
Komentar
Posting Komentar